Sabtu 12 May 2012 09:27 WIB

Lagi, Perompak Somalia Bajak Tanker Minyak

Perompak Somalia, dalam salah satu aksinya.
Foto: topnews.in
Perompak Somalia, dalam salah satu aksinya.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA---Satu kapal tanker minyak milik Yunani ditangkap oleh para perompak Somalia di lepas pantai Oman, kata media Yunani dalam laporannya mengutip Penjaga Pantai Yunani dan sumber-sumber manajemen kapal.

Menurut informasi awal, tanker "SMYRNI" yang berbendera Liberia dengan 17 anggota awak di dalamnya diserang oleh bajak laut sekitar 300 mil laut di timur Oman.

Sumber-sumber pada Dynacom Tankers Management, operator manajemen tanker itu, mengatakan bahwa kapal tersebut mengangkut sekitar 135.000 metrik ton minyak dari Turki dan sekarang menuju Somalia.

Serangan itu merupakan pukulan besar pertama perompak Somalia yang menyerang industri maritim internasional dalam beberapa bulan terakhir.

Penyebaran pasukan satuan tugas anti-pembajakan internasional di Laut Arab selama beberapa tahun terakhir dilakukan untuk mengamankan rute laut kapal-kapal dagang telah mengurangi jumlah serangan bajak laut.

Namun, para bajak laut masih menyandera beberapa puluh kapal dan ratusan sandera.

Perompak telah meraih jutaan dolar AS uang tebusan dari perusahaan-perusahaan pelayaran dalam pertukaran untuk melepaskan kapal dan para awaknya.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement