Sabtu 12 May 2012 21:32 WIB

Dua Wartawan Turki yang Hilang di Suriah Dibebaskan

Rep: Devi Anggraini Oktavika/ Red: Heri Ruslan
Jurnalis yang bertugas di Suriah
Foto: naharnet.com
Jurnalis yang bertugas di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID,  Dua wartawan Turki yang ditahan di Suriah sejak Maret lalu akhirnya dibebaskan. Pembebasan tersebut terwujud berkat mediasi Iran.

Kedua wartawan tersebut, Adem Ozkose (reporter) dan Hamit Coskun (kameraman) telah sampai di ibukota Iran, Teheran pagi tadi. Mereka disebutkan berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

Keduanya dilaporkan menghilang pada akhir Maret lalu. Saat itu mereka tengah bertugas di Suriah bagian utara untuk mendokumentasikan tindakan keras pemerintah Suriah terhadap protes-protes pro demokrasi di negara tersebut.

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davotoglu mengatakan, sebuah pesawat Turki akan membawa kedua jurnalis tersebut kembali ke Turki. Sementara itu, mantan sekutu Damaskus, Ankara, mengandalkan Teheran untuk menjadi perantara dalam pembicaraan terkait pembebasan wartawan jurnalis tersebut.

Kedua wartawan melakukan perjalanan ke Idlib, dekat perbatasan Turki pada awal bulan Maret. Dua wartawan yang berencana meliput kekerasan Suriah itu kabarnya diserahkan kepada intelijen Suriah oleh milisi pro-rezim pada pertengahan bulan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement