Ahad 13 May 2012 17:01 WIB

Wisata Medis, Thailand Klaim 30 Persen Lebih Murah dari Singapura

Singapura
Singapura

REPUBLIKA.CO.ID,  PANGKALPINANG -- Salah seorang staff pemasaran internasional dari Bangkok Hospital, Judith Mitchell menyatakan berobat medis ke Thailand lebih murah 30 persen dibanding berobat ke Singapura.

''Jika Anda berobat medis ke Thailand maka biayanya akan lebih murah 30 persen dibanding dengan berobat ke Singapura atau Korea Selatan,'' kata Judith usai acara Simposium Ilmiah ''Current Lumbar Spine Surgery'' yang dibawakan oleh ahli saraf Thailand, dr. Supreecha Kapiya di Pangkalpinang, Minggu.

Harga tersebut, menurut dia terkait dengan harga penginapan dan biaya kebutuhan hidup lain yang lebih murah di Thailand. ''Kita semua tahu kalau biaya hidup dan akomodasi di Thailand lebih murah dibanding Singapura atau Korea Selatan, selain itu, biaya medis juga relatif lebih murah di Thailand,'' kata Judith.

Menurut dia perkembangan wisata medis di Thailand berkembang sejak 15 tahun terakhir seiring dengan merosotnya keuangan dunia pada krisis moneter 1998.

''Pariwisata medis Thailand mulai besar sejak 15 tahun lalu tepatnya ketika terjadi krisis moneter di mana banyak orang yang tidak lagi mampu bepergian ke Eropa atau Amerika karena kendala keuangan, terlebih lagi setelah peristiwa 9/11 saat Amerika mulai memperketat keimigrasiannya,'' katanya.

Sejak itu, Judith melanjutkan, Thailand mulai mengembangkan pariwisata medisnya terutama Bangkok Hospital. ''Khusus untuk Bangkok Hospital, sebagai pemula dalam merentas wisata medis ini, kami mengedepankan pelayanan yang baik kecanggihan peralatan, serta kehandalan ahli medisnya,'' kata dia.

Saat ini, dikatakannya Thailand memegang rekor 38 persen saham bagi wisata medis di seluruh dunia. ''Tiap tahun, kami menerima 750 ribu pasien, 167 ribu di antaranya adalah pasien internasional dari lebih 160 negara, semuanya ditangani oleh lebih dari 800 dokter spesialis,'' katanya.

Lebih lanjut, Judith meyakinkan agar warga Indonesia mulai melirik Thailand sebagai destinasi wisata medis. ''Di Thailand, Anda tidak hanya akan mendapat kesembuhan tapi juga kebahagiaan karena sambil berobat Anda dapat berwisata belanja dan merasakan keramahan warga Thailand,'' tambahnya

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement