Selasa 15 May 2012 12:09 WIB

Mau Banyak 'Follower' dan 'Like'? Gampang, Beli Saja...

Situs Twitter
Foto: guim.co.uk
Situs Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, Pengguna Twitter ingin mempunyai banyak follower atau pengikut. Pengguna Facebook ingin mendapatkan banyak “like”. Ini supaya dirinya dianggap penting. Bagaimana jika jumlah pengikut atau like hanya sedikit? Sekarang bisa dibeli lewat situs web. 

Perorangan atau perusahaan yang ingin menampilkan diri, tidak bisa lagi tanpa media sosial. Karena itu penting agar mereka diikuti sebanyak mungkin orang, atau mendapatkan sebanyak mungkin jempol virtual di Facebook.

Tak aneh, situs web yang menjual follower dan like sangat dinanti-nantikan. Dalam harian Metro, situs web tersebut kini telah tersedia, www.socialmediadeals.nl. Bisnis berjalan sangat lancar karena Februari lalu situs web ini menjual sekitar 500 follower. April lalu mereka berhasil menjual 30 kali lebih banyak pengikut, yaitu 15 ribu.

 

Untuk harga belum sampai 17 euro, anda sudah bisa mendapatkan 100 pengikut Twitter dan untuk kurang lebih 14 euro anda menerima 100 likes.

Caranya, socialmediadeals.nl mendekati pihak contact person atas permintaan sebuah perusahaan atau perorangan. Contact person ini memasang pesan di situs web, di mana orang dari seluruh dunia bisa mendaftarkan diri (dengan membayar biaya tertentu) untuk menyukai sesuatu atau mengikuti orang.

Perkembangan ini terutama menarik bagi para pengguna Twitter. Kekuasaan dan pengaruh mereka untuk sebagian besar ditentukan jumlah pengikut. Membeli follower misalnya bisa menguntungkan politisi atau perusahaan.

Facebook Belanda menilai negatif inisiatif ini: sebuah like hanya punya arti jika benar-benar ada suatu ikatan dengan artis, merek atau organisasi.

Jan van Dijk, guru besar Nieuwe Media sependapat. Nantinya tidak penting lagi jika memiliki ratusan follower atau like. Tapi, tambahnya, fenomena ini tidak dapat dicegah. “Ini baru awalnya.”

 

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement