Kamis 17 May 2012 06:47 WIB

Amankan Wilayah, Kapal AL Iran Siaga

Sejumlah Kapal Perang Iran
Sejumlah Kapal Perang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Dibayangi ancaman terhadap negaranya, AL Iran terus bersiaga. Armada kapal AL Iran pun dipastikan akan terus berada di perairan internasional. 

Komandan AL Iran Laksamana Habibollah Sayyari menekankan, kehadiran kapal AL Iran di perairan internasional adalah bertujuan untuk menjaga keamanan kapal komersial dan tanker. ''AL Iran akan mengamankan kapal komersial dan tanker dengan cara melaksanakan misi dan tetap bertahan di perairan internasional,'' ujar Sayyari di sebuah ajang pertemuan di Rasht, Iran.

Dia menambahkan, sepanjang penanggalan Iran yang lalu (berakhir pada 19 Maret 2012), AL Iran telah mengerahkan lima armadanya ke laut lepas.

Dia juga menegaskan, pengerahan Velayat 90 merupakan langkah terpenting AL Iran tahun lalu. Sebelumnya, AL Iran telah melakukan latihan Velayat 90 selama 10 hari yang mencakup wilayah dari timur Selat Hormuz di Teluk Persia hingga ke Teluk Aden.

Latihan AL Iran itu dilakukan terkait dengan perintah langsung Pemimpin Revolusi Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei yang meminta agar komandan militer Iran tetap bersiaga membela negara ini dari ancaman apa pun.

sumber : press.tv
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement