Jumat 18 May 2012 22:03 WIB

Kuda Dilecehkan, Pepsi Tarik Iklannya

Menunggang kuda (ilustrasi).
Foto: kingriverponyclub.org.au
Menunggang kuda (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TENNESSEE - Produsen minuman ringan  Pepsi mengatakan menarik dukungan iklannya untuk pertunjukan kuda bergengsi di AS. Dalam sebuah tayangan ABC News, kuda-kuda itu dipukuli oleh pelatihnya saat latihan.

Dalam ajang The Walking Horse National Celebration, Pepsi telah menjadi sponsor sejak tahun 2010. Ajang ini adalah kompetisi terkemuka di AS untuk Kuda Tennessee, yang terkenal karena tinggi loncatannya.

"Kami menarik sponsor kami dari acara itu," kata juru bicara Pepsi, Vincent Bozek.

Baik Pepsi atau panitia ajang ini enggan mengkonfirmasi alasan pembatalan sponsor. Tapi seorang ahli kuda Tennessee yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan dia yakin itu karena laporan ABC News, yang menunjukkan sebuah praktek yang kejam yang dikenal sebagai "soring."

The Humane Society of the United States melakukan penyelidikan rahasia dan memfilmkan video yang diberikan kepada ABC News. Dalam tayangan itu kuda dipukuli dengan tongkat kayu dan ditusuk dengan tongkat beraliran listrik. Pergelangan kaki kuda juga diolesi dengan bahan kimia kaustik dan dibungkus dengan plastik untuk memperkuat rasa sakit. Dengan begitu kuda akan mengangkat kaki depannya setinggi mungkin.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement