Sabtu 19 May 2012 00:42 WIB

Dua Prajurit NATO Tewas di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dua prajurit NATO tewas dan enam orang cedera dalam serangan roket terhadap pangkalan mereka di provinsi Kunar, Afghanistan timur, Jumat, kata seorang pejabat pasukan NATO.

"Dua prajurit ISAF tewas dan enam orang lain cedera dalam serangan roket Taliban terhadap pangkalan ISAF di distrik Nari hari ini," kata juru bicara Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO.

Dua pejabat lokal lain mengkonfirmasi hal itu, sementara kantor pers ISAF di Kabul mengatakan "dua prajurit tewas setelah serangan gerilya di Afghanistan timur".

Serangan itu terjadi sehari setelah orang-orang bersenjata yang memakai seragam polisi dan rompi bom bunuh diri menyerbu sebuah kompleks pemerintah di provinsi Farah, Afghanistan baratdaya, menewaskan tujuh orang dan mencederai 12 lain.

Awal bulan ini Taliban mengumumkan pelucuran ofensif musim semi, sebuah operasi pemboman dan kekerasan yang dilakukan setiap tahun ketika cuaca membaik.

Taliban, yang memerintah Afghanistan sejak 1996, mengobarkan pemberontakan sejak digulingkan dari kekuasaan di negara itu oleh invasi pimpinan AS pada 2001 karena menolak menyerahkan pemimpin Al Qaida Osama bin Laden, yang dituduh bertanggung jawab atas serangan di wilayah Amerika yang menewaskan sekitar 3.000 orang pada 11 September 2001.

Pada Oktober, Taliban berjanji akan berperang sampai semua pasukan asing meninggalkan Afghanistan.

Presiden Hamid Karzai dan negara-negara Barat pendukungnya telah sepakat bahwa semua pasukan tempur asing akan kembali ke negara mereka pada akhir 2014, namun Barat berjanji memberikan dukungan yang berlanjut setelah masa itu dalam bentuk dana dan pelatihan bagi pasukan keamanan Afghanistan.

Gerilyawan meningkatkan serangan terhadap pasukan asing, aparat keamanan dan juga pembunuhan terhadap politikus, termasuk yang menewaskan Ahmed Wali Karzai, adik Presiden Hamid Karzai, di Kandahar pada Juli dan utusan perdamaian Burhanuddin Rabbani di Kabul bulan September.

Menurut data yang disiarkan situs independen icasualties.org, 145 prajurit asing tewas di Afghanistan sepanjang tahun ini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement