Sabtu 19 May 2012 07:02 WIB

Cuek, Taiwan Tambah Impor Minyak Iran

Minyak Iran/ilustrasi
Foto: uskowioniran.com
Minyak Iran/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Data terbaru dari Biro Taiwan menunjukkan bahwa impor minyak mentah negara itu dari Iran melonjak ke tingkat bulanan tertinggi selama 15 bulan terakhir. Dilaporkan terjadi kenaikan 50 persen dari volume terdaftar untuk periode yang sama tahun sebelumnya.

Dow Jones melaporkan, menurut data yang dikeluarkan oleh biro di bawah Departemen Urusan Ekonomi, Taiwan mengimpor sebanyak 2.960.000 barel minyak mentah dari Iran pada bulan Maret dengan pasokan 95.581 barel per hari, selama periode tersebut.

Iran menyumbang 10,2 persen dari total impor minyak mentah Taiwan di bulan Maret, yang merupakan angka tertinggi kedua sejak Januari 2011.

Sebelumnya, pembelian minyak mentah Taiwan dari Iran di bulan Maret tahun ini naik tiga kali dari pasokan sebesar 31.935 barel per hari itu pada bulan Januari, dan rata-rata 30.247 barel pada 2011.

Taiwan kembali mengimpor minyaknya dari Iran pada Maret, setelah menghentikan pembelian di bulan sebelumnya.

Pekan lalu, BPK Corp, importir utama minyak mentah Taiwan, menyatakan bahwa pihaknya masih belum menerima "instruksi definitif" dari pemerintah untuk menghentikan impor minyak dari Iran pada Juli karena sanksi Barat terhadap Teheran.

Formosa Petrochemical Corp, importir utama minyak mentah lainnya, mengatakan pada Februari lalu bahwa mereka telah setuju untuk mematuhi keputusan pemerintah selama itu tidak melanggar kontrak yang ada dengan pemasok Iran.

Amerika Serikat dan Uni Eropa baru-baru ini memberlakukan sanksi keuangan dan minyak terhadap Iran atas program energi nuklirnya. Washington juga telah menekan beberapa negara untuk mengurangi impor minyak mereka dari Republik Islam. 

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement