Sabtu 19 May 2012 11:35 WIB

Besok, Gerhana Annular Selimuti Amerika

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Hafidz Muftisany
Gerhana Annular
Gerhana Annular

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA --- Negara Amerika akan mengalamai gerhana matahari cicin kecil (annular) pada sore dan awal malam hari Ahad (20/5) besok. Posisi  bulan pada saat itu akan melewati bumi dan matahari sehingga membentuk bayangan di planet ini.

"Puncaknya, bulan akan memblokir sekitar 94 persen cahaya matahari," kata direktur komunikasi dan penjangkauan di NASA Lunar Science Institute (NLSI), Brian Day seperti yang dilansir Space.com, Sabtu (19/15).

Annular berasal dari kata Latin "Anulus"  yang berarti cincin kecil. Istilah ini dipakai karena penampakan bulan pada saat gerhana nanti akan serupa cincin api yang mengelilingi lingkaran.  Pejabat NASA yang sedang memantau perkembangan fenomena ini meyatakan gerhana aman untuk dilihat dengan menggunakan teleskop.

Bahkan NASA sudah menyiapkan diri untuk bersama-sama melihat gerhana ini di lokasi Grand Canyon, Amerika Serikat. Gerhana akan terjadi di seluruh wilayah Aemrika Utara. Di Asia, gerhana kemungkinan bisa diamati keesokan harinya, Senin (21/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement