Sabtu 19 May 2012 22:29 WIB

Vietnam Telusuri Penyebab Kecelakaan Bus Wisata Lewat Black Box

Rep: Devi Anggraini / Red: Hazliansyah
Bus Pariwisata (Ilustrasi)
Foto: persewaanbuspariwisata.blogspot.com
Bus Pariwisata (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Bus wisata yang mengalami kecelakaan tragis pada Jumat (18/5) di Vietnam kemarin dilengkapi dengan black box (kotak hitam). Untuk itu, dalam usaha menyelidiki penyebab kecelakaan, Wakil Menteri Transportasi Vietnam Nguyen Ngoc Dong selaku ketua tim investigasi menyatakan akan menyelidiki penyebab kecelakaan lewat kotak hitam tersebut. 

“Agen resmi lokal akan membuka kotak hitam bus tersebut untuk mencari tahu penyebab kecelakaan itu,” katanya.

Ia menambahkan, kecelakaan di Sungai Serepok itu adalah insiden yang tragis. Dong juga mengatakan, penyelidikan awal tidak menunjukkan adanya tanda-tanda abnormal pada bentangan jalan di mana kecelakaan itu terjadi.

“Lampu jalan pada peregangan bekerja seperti biasa,” katanya.

Pada hari yang sama, Komite Rakyat provinsi membentuk tiga tim yang dipimpin ketua komite Lu Ngoc Cu untuk mengunjungi keluarga korban. Komite tersebut akan memberikan santunan 9 juta dong Vietnam (432 dolar AS) pada keluarga almarhum, dan 5.5 juta dong Vietnam (264 dolar AS) bagi mereka yang luka-luka.

Kini badan-badan berwenang telah menyelesaikan prosedur hukum yang berkaitan dengan pemakaman korban di negara asal mereka.

Kecelakaan ini menjadi sorotan karena terjadi sehari setelah Komite Nasional Keselamatan Lalu Lintas mengumumkan bahwa kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Vietnam telah turun 30 persen dalam empat bulan pertama tahun ini. Prosentase tersebut diperoleh dengan membandingkan angka kecelakaan pada periode yang sama tahun lalu.

sumber : vietnamnews.vnagency.com.vn

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement