Senin 21 May 2012 12:48 WIB

Survei: Rakyat Eropa Sebal dengan Israel

Rep: Agung Sasongko/ Red: Endah Hapsari
Israel
Foto: irib
Israel

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Masyarakat Eropa tidak lagi menaruh simpati pada Israel. Demikian, benang merah dalam jajak pendapat yang digagas BBC World Service, pekan lalu.

Dalam survei itu disebutkan, sekitar 50 persen masyarakat Eropa menilai Israel sebagai negara negatif. Persentase itu mengantarkan Israel menempati peringkat ketiga negara paling "negatif" setelah Iran (55 persen) dan Pakistan (51 persen). Yang menarik, jajak pendapat itu mengungkap bahwa persepsi negatif terhadap Israel meningkat 3 persen dari tahun sebelumnya.

Di Eropa, Spanyol menempati urutan teratas dalam memandang negatif Israel dengan persentase 74 persen, disusul Jerman (68 persen), Inggris (68 persen), Prancis (65 persen), dan Rusia (29 persen).

Di belahan dunia lain, sekitar 45 persen masyarakat Cina memandang negatif Israel. Di India, 29 persen masyarakatnya memiliki persepsi negatif terhadap Israel. Sementara itu, masyarakat Mesir merupakan yang terdepan dalam memandang negatif Israel (85 persen).

Saat ditanya, mengapa Israel dipandang negatif, sekitar 45 persen responsen menghubungkannya dengan kebijakan pemerintah Israel. 

Jajak pendapat ini dilakukan selama periode 3 bulan dengan melibatkan 24 ribu responden dari 22 negara di dunia.

 

sumber : alarabiya.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement