Selasa 22 May 2012 07:21 WIB

Saham Apple dan Google Kinclong, FB Malah Melemah

Facebook App Center
Foto: Metro.co.uk
Facebook App Center

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Wall Street mencatat kenaikan kuat pada Senin (Selasa pagi WIB) dengan Nasdaq bertambah hampir 2,5 persen terbantu lonjakan Apple, tetapi saham Facebook turun di bawah harga IPO pada hari pertama perdagangan penuhnya.

Lonjakan harga dua perusahaan terbesar Nasdaq itu -- Apple dan Google -- mendorong indeks komposit lebih tinggi. Tetapi perdagangan terberat sejauh ini di Facebook, anggota Nasdaq terbaru dan perusahaan terbesar ketiga, karena sahamnya merosot 11 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir naik 135,10 poin atau 1,09 persen menjadi 12.504,48. Indeks saham S&P 500 naik 20,77 poin atau 1,60 persen menjadi 1.315,99, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq bertambah 68,42 poin atau 2,46 persen pada 2.847,21.

Facebook, yang menjual 541 juta saham untuk umum pada Jumat pada harga 38 dolar AS per saham, tenggelam sejak pembukaan dan berakhir turun 11 persen pada 34,03 dolar AS.

"Investor ritel takut. Kebanyakan orang berpikir ini adalah sebuah transaksi anas, dan sekarang tidak, tidak ada yang tahu di mana bagian terbawahnya," kata Lou Kerner dari Social Internet Fund.

"Para penjamin emisi (underwriters) umumnya mendukung saham pada harga penawaran, dan dukungan itu sekarang tampaknya habis."

Sementara itu laporan positif analis mendorong Apple melompat 5,8 persen dan Google naik 2,3 persen setelah regulator antitrust China menandatangani tentang pembelian 12,5 miliar dolar AS perusahaan dari Motorola Mobility. Motorola Mobility melompat 2,0 persen.

Di New York Stock Exchange, JPMorgan Chase memimpin perdagangan, kehilangan 2,9 persen karena kepala eksekutif Jamie Dimon mengumumkan perusahaan akan menangguhkan program "buyback" sahamnya dan fokus pada membersihkan masalah operasi perdagangan, sumber kerugian dua miliar dolar AS yang dilaporkan pada 10 Mei.

Produsen peralatan listrik Cooper Industries melonjak 14 persen karen kabar bahwa pihaknya akan dibeli oleh Eaton Corp seharga 11,8 miliar dolar AS dalam bentuk tunai dan saham, sebuah premi 29 persen pada harga penutupan Jumat. Saham Eaton jatuh 0,7 persen.

Lowe's Companies, pengecer perbaikan rumah kedua terbesar di AS, jatuh 10,1 persen setelah melaporkan laba kuartal pertama lebih baik dari perkiraan tetapi menurunkan proyeksi untuk setahun penuh.

Pasar obligasi beragam. Imbal hasil pada Treasury 10-tahun naik menjadi 1,74 persen dari 1,70 persen pada Jumat, sementara pada obligasi negara 30-tahun datar di 2,79 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak dalam arah berlawanan.

sumber : Antara/AFP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement