Jumat 25 May 2012 01:08 WIB

Kapal Selam Nuklir AS Terbakar, Sabotase?

Kapal selam/ilustrasi
Foto: military-today.com
Kapal selam/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON -- Api berkobar melumat satu kapal selam bertenaga nuklir Angkatan Laut AS yang sedang melego sauh di Galangan AL Portsmouth di Maine, dan melukai empat petugas pemadam, kata beberapa pejabat.

 

Penyebab kebakaran tersebut belum diketahui, tapi reaktor nuklir kapal selam itu tak terlibat. Tak jelas pula apakah ada unsur sabotase dalam insiden itu. Terlebih tak ada senjata di kapal tersebut. Para awak kapal yang saat berada di galangan bertugas untuk pemeliharaan serta peningkatan sistemnya.

Kebakaran itu berawal di "kompartemen bagian depan" USS Miami, kapal selam serang yang merapat di galangan Kittery Maine, menjelang pukul 18.00 waktu setempat.

Petugas pemadam masih berjuang memadamkan si jago merah setelah pukul 22.00 waktu setempat. Mereka mengerahkan peralatan dari Bandar Udara Internasional Logan di Boston, yang berjarak sekitar 60 mil.

"Reaktor kapal tersebut tak beroperasi saat itu dan tak terpengaruh," ujar seorang juru bicara galangan Tami Remick melalui telepon.

Semua personel yang tak berkepentingan di kapal selam itu diperintahkan mengungsi ketika kebakaran dilaporkan.

Media lokal menyatakan asap hitam terlihat di Postsmouth, New Hampshire. Galangan Angkatan Laut AS itu berada di Seavey Island, tepat di perbatasan New Hampshire-Maine.

Kapal selam tersebut, yang pangkalannya berada di Groton, Connecticut, tiba di galangan itu pada Maret. USS Miami biasanya membawa awak yang terdiri atas 13 perwira dan 120 personel yang bertugas.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement