Sabtu 26 May 2012 07:17 WIB

Perbankan Spanyol Kacau, Bursa AS Ikut Terjungkal

Wall Street
Wall Street

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK---Indeks-indeks utama di Wall Street berakhir di merah pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena para pedagang melihat lagi peristiwa di seberang Atlantik menjelang libur panjang akhir pekan.

Indeks Dow Jones Industrial Average, Nasdaq dan S & P 500 jatuh. Getaran di pasar perbankan Spanyol menentukan suasana pasar saham.

Pasar saham Spanyol menghentikan sementara perdagangan saham Bankia yang terjun karena pemberi pinjaman yang kesulitan itu meminta pemerintah untuk 19 miliar euro (24 miliar dolar AS) dalam apa yang akan menjadi dana talangan (bailout) bank terbesar dalam sejarah negara itu.

Dalam sebuah pernyataan, bank mengatakan dewan telah menyetujui rencana rekapitalisasi yang akan memungkinkan "untuk memenuhi semua persyaratan peraturan yang berlaku dan menghadapi konteks makroekonomi yang lebih buruk."

Hal itu memicu ketakutan dari operasional bank, yang akan mengirimkan riak-riak melalui sistem perbankan global. Indeks Dow turun 74,92 poin (0,60 persen) menjadi 12.454,83 ketika bel penutupan berbunyi. Nasdaq turun 1,85 poin (0,07 persen) menjadi 2.837,53.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement