Senin 28 May 2012 05:57 WIB

Inilah Nasib Yunani Bila Keluar dari Zona Euro

Parlemen Yunani
Foto: presstv
Parlemen Yunani

REPUBLIKA.CO.ID, Mantan Perdana Menteri Yunani menegaskan bahwa keluarnya negaranya dari Zona Euro akan merugikan semua pihak.

Terkait kemungkinan keluarnya Yunani dari Zona Euro, George Papandreou mengatakan, "Jajak pendapat menunjukkan bahwa 70-75 persen rakyat Yunani ingin negaranya tetap berada dalam Zona Euro." 

Seperti diberitakan BBC, Papandreou menambahkan, jika Yunani bertahan di Zona Euro maka pemerintah negara ini harus melaksanakan agenda yang sangat sulit. Meski ada kemungkinan perubahan dalam agenda tersebut, perubahan itu sangat minim bakal terjadi. Namun tidak ada solusi lain dan kita harus memilih.

Papandreou juga mengatakan, krisis Yunani adalah krisis yang sangat dahsyat di mana rakyat negara ini telah banyak kehilangan sumber-sumber penghasilan . Produk Domestik Bruto Yunani dalam waktu singkat turun drastis disebabkan resesi di Eropa. Namun kondisi ini bukan berarti bahwa rakyat Yunani menentang perubahan, mereka justru menuntut perubahan.

Di akhir pernyataannya, mantan PM Yunani menandaskan, jika negara ini terpaksa keluar dari Zona Euro, maka kemungkinan Yunani akan mengalami kebangkrutan.

sumber : irib/bbc
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement