Senin 28 May 2012 08:39 WIB

Ahmadinejad Kunjungi Cina Hadiri KTT SCO

Rep: Gita Amanda/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.
Foto: Vahid Salemi/AP
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad dikabarkan akan mengunjungi Cina pada Juni mendatang. Ia berencana menghadiri pertemuan puncak ke-12 KTT Organisasi Kerjasama Shanghai, Shanghai Cooperation Organization (SCO).

Mohammad Reza Forqani, kepala divisi hubungan internasional kantor kepresidenan Iran, mengatakan, Ahmadinejad akan ambil bagian dalam KTT SCO di Beijing pada 6-7 Juni mendatang. Dijelaskan Forqani, para peserta KTT SCO di negeri Tirai Bambu itu akan membahas berbagai permasalahan regional dan internasional.

Selain berpartisipasi dalam KTT tersebut, Ahmadinejad juga akan mengadakan pembicaraan dengan sejawatnya dari negara peserta. Ahmadinejad juga akan bertemu dan mengadakan pembicaraan resmi dengan pejabat tinggi Cina pada 8 Juni mendatang.

SCO adalah organisasi keamanan antar pemerintah yang didirikan pada 2001 di Shanghai oleh pemimpin Cina, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Rusia, Tajikistan, dan Uzbekistan. Sementara itu beberapa negara seperti Iran, India, Mongolia, dan Pakistan, ditunjuk sebagai peninjau.

sumber : IRIB
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement