Rabu 30 May 2012 12:56 WIB

Hati-hati, Kerang Asal Korea Selatan Terkontaminasi Kotoran Manusia

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Kerang
Foto: alibaba.com
Kerang

REPUBLIKA.CO.ID, Anda penggemar makanan laut seperti kerang dan tiram? Sepertinya mulai saat ini Anda harus lebih berhati-hati. Baru-baru ini Organisasi obat dan makanan dunia, The Food and Drug Administration (FDA), melarang penjualan kerang dan tiram dari Korea Selatan. Sebab disinyalir makanan laut tersebut terkontaminasi polusi kotoran manusia di tempatnya berkembang biak.

FDA menghentikan izin impor beberapa makanan laut tertentu dari Korea Selatan. Setelah dilakukan pengujian terdeteksi tingginya tingkat polusi dan kondisi yang tidak sehat, di perairan dimana banyak tumbuh kerang dan tiram di Korea Selatan. Regulator federal mengatakan, sebaiknya jangan mengkonsumsi tiram, kerang, atau jenis kerang-kerangan lain dari Korea Selatan. Bahkan beberapa toko disana pun dilarang menjual makanan laut sejenis kerang-kerangan.

Menurut FDA, program sanitasi pengembang biakan kerang di Korea gagal memenuhi standar kebersihan. Sebab tempat berkembangnya kerang tersebut, merupakan wilayah yang banyak tercemar limbah polusi kotoran manusia, dari kapal nelayan disekitarnya.

FDA mendeteksi adanya norovirus, suatu kondisi yang menyebabkan seseorang terkena gastroenteritis, radang lambung dan usus. Sehingga dapat membuat orang yang mengkonsumsi makan tersebut muntah, diare, mual dan kram perut. Meskipun tidak berakibat fatal, namun norovirus ini dapat menyebabkan nyeri otot, demam, sakit kepala, menggigil dan gejala seperti flu selama dua hari.

Meskipun FDA menghapus kerang asal Korea dari daftar makanan impor yang disetujui, pada 1 Mei lalu. Namun beberapa kerang telah masuk sebelum tanggal tersebut. Khususnya beberapa produk beku, masih berada di freezer distributor makanan, pengecer, operator pelayanan makanan, dan konsumen.

Walau pun produk ini hanya mewakili sebagian produk kerang, tiram dan remis asal Korea yang dijual ke Amerika Serikat. Namun insiden ini dapat menjadi peringatan bagi pembeli mengenai asal produk makanan laut yang dikonsumsi.

The Washington Post melaporkan kemungkinan FDA mengeluarkan penarikan izin dalam waktu dekat. Saat ini agen federal tersebut meminta konsumen untuk jeli dan kritis. Mereka diminta menanyakan asal kerang atau tiram yang akan mereka beli, pada produsen atau penjual. Jika itu dari Korea menurut FDA, sebaiknya tidak dikonsumsi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement