Sabtu 02 Jun 2012 08:13 WIB

Waduh, Pengangguran Makin Banyak di Eropa

Pengangguran (ilustrasi)
Pengangguran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Data resmi menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di Zona Euro telah mencapai rekor tertinggi 11,0 persen pada bulan April sejak pencatatan dimulai pada tahun 1995.

Badan Statistik Uni Eropa, Eurostat, mengumumkan bahwa pada bulan April, lebih dari 17,4 juta orang telah menjadi pengangguran di Zona Euro. Angka itu naik dari 17,3 juta orang. Hingga kini Uni Eropa terus berjuang untuk mengatasi krisis keuangan.

Tingkat pengangguran tertinggi di antara 17 negara anggota di Zona Euro adalah Spanyol, dengan tingkat pengangguran 24,3 persen. Sementara Austria memiliki tingkat terendah sebesar 3,9 persen.

Angka-angka itu juga menunjukkan bahwa di 27 negara Uni Eropa, tingkat penganggurannya adalah 10,3 persen, naik dari 10,2 persen.

Seorang ekonom di ING, Martin Van Vlit mengatakan, angka pengangguran yang parah ini sebagai peringatan bahwa ekonomi Zona Euro sangat membutuhkan sikap kebijakan yang lebih ekspansif. "Resesi pasar tenaga kerja di Zona Euro terus menyebar dan bertambah parah," tambahnya.

Jumlah orang yang kehilangan pekerjaan di Prancis dan Italia juga naik menjadi 10,2 persen, dari 10,1 persen pada bulan Maret. 

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement