Sabtu 02 Jun 2012 10:53 WIB

Wah, AS Pindahkan Armada Angkatan Laut ke Pasifik

Kapal Perang AS
Kapal Perang AS

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Amerika Serikat akan menggeser mayoritas armada angkatan lautnya ke Pasifik pada tahun 2020 sebagai bagian dari fokus strategis baru di Asia, kata Kepala Pentagon Leon Panetta dalam sebuah pertemuan di Singapura, Sabtu.

Keputusan untuk menyebarkan lebih banyak kapal ke Samudera Pasifik, bersamaan dengan memperluas jaringan kerja sama militer di kawasan itu, merupakan bagian dari upaya "steady, deliberate" untuk meningkatkan peran AS di satu wilayah yang dianggap penting untuk masa depan Amerika, kata Panetta.

Dia mengatakan "tahun 2020, Angkatan Laut akan membenahi kembali postur pasukannya dari hari ini kira-kira 50-50 persen dibagi antara Pasifik dan Atlantik menjadi sekitar 60-40 antara lautan - termasuk enam kapal induk, mayoritas kapal penjelajah kami, kapal perusak, kapal tempur pesisir, dan kapal selam."

Angkatan Laut AS saat ini memiliki armada 285 kapal, dengan sekitar setengah dari mereka dioperasikan atau diserahkan ke Pasifik.

Meskipun ukuran total armada keseluruhan bisa menurun di tahun mendatang tergantung pada tekanan anggaran, para pejabat Pentagon mengatakan jumlah kapal angkatan laut di Pasifik akan meningkat secara mutlak.

Amerika Serikat juga berencana untuk meningkatkan jumlah latihan militer di Pasifik dan untuk melakukan lebih banyak kunjungan ke pelabuhan sampai ke Samudera Hindia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement