Selasa 05 Jun 2012 23:00 WIB

Peringati Perang Enam Hari, Rakyat Palestina Gelar Demonstrasi

Bendera Palestina
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH, WILAYAH PALESTINA - Rakyat Palestina Selasa (5/6) menggelar demonstrasi kecil untuk menandai ulang tahun ke-45 Perang Enam Hari di mana Israel merebut Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Dekat kota Ramallah di Tepi Barat, sekitar 200 orang memprotes Penjara Militer Ofer, dan bentrokan pecah ketika para demonstran melemparkan batu pada pasukan yang menembakkan gas air mata.

Beberapa orang terluka ringan dan dirawat di tempat kejadian, kata medis sumber kepada AFP. Di Al Khalil, sekitar 200 pengunjuk rasa mengambil bagian dalam unjuk rasa, termasuk para aktivis asing.

Seorang fotografer AFP mengatakan bentrokan juga pecah di sana, dan pasukan militer Israel menangkap sedikitnya dua orang. Di Gaza City, antara 200 dan 300 orang berbaris berdemo dari Lapangan Prajurit Tak Dikenal ke markas PBB di Gaza dalam aksi unjung rasa yang diselenggarakan oleh gerakan Hamas yang berkuasa.

Para pengunjuk rasa mengacungkan peta yang menggambarkan Palestina pra-1948, termasuk yang sekarang dijadikan wilayah Israel, dan melambaikan bendera hijau Hamas.

Pawai-pawai kecil yang sebagian besar berlangsung damai kontras dengan ulang tahun pada tahun lalu, ketika para pengunjuk rasa berusaha untuk menyerbu melintasi perbatasan dari Suriah ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Tentara menembaki para demonstran, dengan Suriah mengklaim 23 orang tewas dan 350 lainnya terluka oleh tentara Israel. Sebaliknya Israel mengatakan sebanyak 10 orang tewas, tetapi tidak ada demonstran yang tewas akibat tembakan Israel.

Tiga pekan sebelumnya, ribuan pengunjuk rasa di Lebanon, Suriah dan Gaza berusaha untuk memaksa melintasi perbatasan untuk menunjukkan massa berkabung atas pembentukan negara Yahudi itu pada 1948, dikenal sebagai 'Nakba' atau 'bencana.'

Saat itu, ratusan menerobos ke Golan yang dikontrol Israel, tempat tentara melepaskan tembakan-tembakan yang menewaskan empat orang, sementara upaya serupa namun tidak berhasil dilakukan di sepanjang perbatasan Lebanon dan menyebabkan tujuh orang tewas, kata angka PBB.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement