Rabu 06 Jun 2012 07:34 WIB

Hollande dan Monti Bicarakan Krisis Zona Euro

Francois Hollande
Foto: AP
Francois Hollande

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Presiden Prancis, Francois Hollande melakukan safari politik ke sejumlah negara di Eropa, salah satunya Italia. Kunjungan kenegaraan tersebut untuk mempererat hubungan kedua negara dan membicarakan krisis zona euro.

Hollande akan mengunjungi Roma pada 14 Juni, atau hanya sekitar sepekan sebelum pertemuan para pemimpin Prancis, Italia, Jerman dan Spanyol menjelang KTT Uni Eropa. Kantor Perdana Menteri Italia, Mario Monti, Selasa (5/6), mengatakan, kunjungan itu menggarisbawahi kesepakatan antara Monti dan Hollande atas kebutuhan untuk lebih menekankan pada langkah-langkah mempromosikan pertumbuhan.

Selain itu, pertemuan tersebut juga bakal membicarakan perlunya memperluas respon kebijakan terhadap krisis zona euro jauh dari langkah-langkah penghematan anggaran yang disukai Jerman. "Kunjungan pekan depan akan terjadi dalam kerangka hubungan persahabatan dan kedekatan intens antara kedua negara," kata satu pernyataan kantor Monti.

Monti mengundang Hollande, Kanselir Jerman, Angela Merkel dan PM Spanyol, Mariano Rajoy dalam pertemuan di Roma pada 22 Juni menjelang KTT Uni Eropa yang berlangsung di Brussels, Belgia, 28-29 Juni mendatang. Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius bertemu Monti, Senin (4/6) kemarin, sebelum pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Italia, Giulio Terzi.

sumber : AFP/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement