Jumat 08 Jun 2012 05:20 WIB

Pesawat Luar Angkasa Enterprise AS Punya 'Rumah Baru'

Pesawat luar angkasa Amerika Serikat, Enterprise
Foto: xinhua
Pesawat luar angkasa Amerika Serikat, Enterprise

REPUBLIKA.CO.ID, -- Sebuah pesawat luar angkasa kebanggaan Amerika Serikat, Enterprise secara resmi memiliki rumah baru. Pesawat ini menjadi salah satu koleksi di museum terapung Intrepid Sea, Air and Space Museum, New York setelah sebelumnya berada di Smithsonian National Air and Space Museum di Virginia.

Tempat itu akan menjadi tempat bagi generasi lebih baru dari Enterprise, Discovery.

Meski pesawat ini tidak pernah terbang ke luar angkasa --karena hanya dijadikan sebagai uji coba untuk lepas landas dan mendarat serta beberapa latihan lainnya-- pesawat ini tetap mendapat tempat bagi warga Amerika.

Pesawat ini tiba pada hari Rabu melalui transportasi air dari Jersey City menuju Intrepid, melintasi depan patung Liberty.

Ribuan orang menyambut kedatangan pesawat ini dari sisi sungai. Enterprise tiba di museum Intrepid sekitar pukul 11.45 dan membutuhkan empat jam bagi pesawat ini untuk ditempatkan di flight deck.

"Kami sangat senang, dan kami telah menunggu lama untuk hal ini, tapi  itu semua tidak sia-sia. Sebenarnya kami pernah melihat pesawat ini ketika kami ke Kennedy Space Center. Tapi kami tetap semangat untuk melihatnya disini," kata seorang turis asal Inggris.

Namun dalam proses pemindahannya, ujung sayap pesawat mengalami kerusakan saat transit di bandara John F. Kennedy. Akan tetapi hal ini tidak mengganggu perjalanan pesawat ini menuju rumah barunya.

Sebelumnya, pada April kemarin, pesawat ini juga dipamerkan terbang menglilingi kota dengan ditempelkan di atas badan pesawat Boeing 747 khusus.

Pesawat yang amat penting dalam sejarah Amerika ini dimuseumkan bersama empat pesawat lainnya semenjak AS memutuskan meniadakan misi luar angkasa untuk menghemat anggaran negara.

sumber : CNN/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement