Sabtu 09 Jun 2012 05:44 WIB

Ngaku Agen FBI dan Menipu, Beginilah Nasib Pria Pakistan

Petugas FBI (ilustrasi)
Foto: Reuters
Petugas FBI (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD---Seorang warga Pakistan ditangkap karena mengaku sebagai agen FBI dan menipu korbannya di Islamabad hingga 21.000 dolar.

Hayat Khan (48) ditangkap dalam operasi Kamis setelah polisi menerima sejumlah pengaduan di ibu kota Pakistan itu, kata polisi Suhail Akram kepada AFP. "Agen FBI gadungan itu mengeruk jutaan rupee. Ia kini ditahan," katanya.

Khan, yang juga menggunakan nama alias Riaz Khan, mengaku bekerja untuk Biro Penyelidikan Federal AS (FBI) dan memerangkap korbannya dengan menawarkan menjual dolar dengan harga lebih murah daripada di pasaran.

Ia mengejutkan korbannya dengan menawari mereka nilai tukar menguntungkan untuk sejumlah uang yang relatif kecil, 500 dolar atau 1.000 dolar, dan kemudian menjualnya dengan harga yang tinggi. "Kami telah menyita dua juta rupee (21.000 dolar) dari pelaku dan masih menyelidikinya," kata Akram.

Tidak jelas mengapa ia berpura-pura menjadi agen FBI.

Pertukaran mata uang asing merupakan bisnis menguntungkan di Pakistan, dimana nilai rupee turun 4,1 persen tahun ini dan pekan lalu merosot ke tingkat terendah terhadap dolar. Ketegangan hubungan antara Pakistan dan AS juga memukul nilai rupee.

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement