Ahad 10 Jun 2012 00:26 WIB

PM dan Pangeran Belanda Boikot Piala Eropa 2012

REPUBLIKA.CO.ID, HILVERSUM - Perdana Menteri, Mark Rutte dan Putra Mahkota Belanda, Willem-Alexander tidak akan menghadiri semua pertandingan tim sepak bola Belanda di Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA di Ukraina. Demikian pernyataan stasiun berita televisi Belanda, RTL Nieuws.

Kabinet akan memutuskan apakah Menteri Kesehatan dan Olahraga, Edith Schippers juga akan ikut memboikot kejuaraan, Jumat (8/6).

Pangeran dan perdana menteri tidak akan menghadiri pertandingan sebagai langkah protes terhadap perlakuan buruk yang diterima pemimpin oposisi dan mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko, oleh pemerintah Ukraina saat ini.

Tymoshenko sedang menjalani hukuman penjara tujuh tahun. Dia divonis atas tuduhan penyalahgunaan jabatan dalam menengahi perjanjian gas tahun 2009 dengan Rusia.

Tymoshenko dan pendukungnya mengatakan vonis bermotif politik. Uni Eropa menyerukan putusan sebagai "keadilan yang diterapkan secara selektif dan bermotivasi politik." Ada laporan yang mengatakan Tymoshenko bahkan mengalami pelecehan di penjara oleh para sipir.

Pada Kamis (8/6), para menteri Inggris memutuskan tidak akan melakukan perjalanan ke Ukraina saat ini. Pemerintah Prancis juga mengumumkan mereka tidak akan mengirim delegasinya.

Turnamen Euro 2012 dimulai hari Jumat (8/6) di Polandia. Hari Sabtu kesebelasan Belanda akan bermain melawan Denmark, di kota Kharkov, Ukraina.

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement