Rabu 13 Jun 2012 09:01 WIB

Iran Rencana Bangun Kapal Selam Nuklir

Mahmoud Ahmadinejad bersama petinggi militer Iran menyaksikan miniatur desain kapal selam
Foto: ISNA
Mahmoud Ahmadinejad bersama petinggi militer Iran menyaksikan miniatur desain kapal selam

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Seorang wakil komandan Angkatan Laut Iran mengumumkan, kemarin, bahwa Iran berencana untuk membangun kapal selam nuklir. Menurut kantor berita setengah resmi Mehr, mengutip perkataan Laksamana Abbas Zamini, Angkatan Laut telah merencanakan untuk desain dan pembuatan kapal selam nuklir itu,

"Kita sekarang dalam tahap awal proyek untuk membangun kapal selam nuklir. Mengingat kemajuan kita membuat di bidang terkait, kami berharap bahwa kita akan melihat penggunaan kapal selam nuklir oleh angkatan laut di masa depan," kata Zamini seperti dikutip Xinhua, Rabu (13/6).

Dia juga berkata, "Ketika kita memiliki akses ke teknologi nuklir damai, kita mampu menempatkan produksi untuk sistem penggerak kapal selam nuklir dalam agenda."

Dikatakan Zamini, Angkatan Laut Iran berkeinginan meningkatkan kehadirannya di laut lepas di seluruh dunia, sehingga perlu kapal-kapal yang dilengkapi dengan sistem penggerak yang ditingkatkan agar dapat memperluas lingkup operasinya di perairan internasional.

Pejabat angkatan laut mengatakan semua negara memiliki hak untuk menggunakan energi nuklir untuk tujuan damai, termasuk untuk meningkatkan sistem penggerak atas kapal mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement