Rabu 13 Jun 2012 09:52 WIB

Eksekusi Warganya, Iran Ancam Arab

Rep: Gita Amanda/ Red: Dewi Mardiani
Aparat kepolisian Arab Saudi (ilustrasi).
Foto: www.allvoices.com
Aparat kepolisian Arab Saudi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN-- Kementerian Luar Negeri Iran memperingatkan Arab Saudi untuk tidak mengeksekusi warga negara Iran di sana. Iran mengancam, Arab akan menerima konsekuensi politik terkait perlakuannya tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast, mengatakan Arab Saudi harus mengetahui bahwa mengeksekusi warga negara Iran akan mendapat konsekuensi politik. Iran juga akan membawa permasalahan tersebut pada instasi terkait.

Mehmanparast mengatakan, para tahanan Iran ditangkap dan diadili lima tahun lalu atas tuduhan kepemilikan narkotika. Namu, tahanan-tahanan tersebut tak diberi hak untuk dibela pengacara dan akses untuk konsultasi.

Seperti dilansir Press Tv, Rabu (13/6), dia mengatakan, para pejabat Iran di Teheran dan Riyadh telah melakukan berbagai usaha menghentikan eksekusi. Setelah sebelumnya ada laporan mengenai eksekusi tahanan Iran di sana.

Kementerian Luar Negeri Iran Senin (11/6) memanggil Diplomat Arab Saudi. Mereka menyatakan keberatan terkait eksekusi tersebut. Kementerian mengumumkan Teheran akan melanjutkan kasus ini melalui badan hukum yang relevan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement