Sabtu 16 Jun 2012 08:44 WIB

Dibayangi Sanksi, Iran Malah Resmikan 370 Proyek Tambang Baru

Bendera Iran
Bendera Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Iran Mehdi Ghazanfari mengumumkan peresmikan 370 proyek industri tambang baru.

Ghazanfari mengatakan proyek senilai  lebih dari 4 miliar dolar AS akan diresmikan dalam "Sepuluh Hari Produksi Nasional" dari 21 hinga 30 Juni. Proyek tersebut akan menciptakan lapangan kerja bagi 23 ribu orang.

Di bagian lain, Ghazanfari mengumumkan kenaikan produksi industri Iran dalam dua bulan pertama tahun kalender berjalan Iran yang dimulai pada 20 Maret, dibandingkan periode serupa tahun lalu.

"Dalam periode ini (20 Maret - 19 Mei Maret 2012), produksi baja mentah tumbuh lebih dari sembilan persen dari 2,4 juta ton tahun lalu menjadi 2,6 juta ton," katanya.

Ghazanfari menambahkan pada periode yang sama dari produk baja juga tumbuh enam persen dari 2,8 menjadi tiga juta ton.

"Ekspor komoditas lain seperti petrokimia juga tumbuh oleh lima sampai sepuluh persen, " tambah Ghazanfari. Sebelumnya, menperindag Iran mengatakan bahwa orientasi produksi ekspor hanya dapat diwujudkan melalui dukungan terhadap produksi nasional.

Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Ayatollah Udzma Seyyed Ali Khamenei mencanangkan tahun kalender baru Iran sebagai tahun "Produksi Nasional, Mendukung Modal dan Tenaga Kerja Iran," yang akan menciptakan gelombang baru manajemen produksi nasional di Iran.

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement