Sabtu 16 Jun 2012 18:41 WIB

Gusur Bangunan Bersejarah, Israel Bangun HalamanTembok Rapatan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Karta Raharja Ucu
Lahan yang dahulu terdapat bangunan sekolah Afdhaliyah di Alburaq kini berganti halaman Tembok Ratapan.
Foto: www.infopalestina.com
Lahan yang dahulu terdapat bangunan sekolah Afdhaliyah di Alburaq kini berganti halaman Tembok Ratapan.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSSALEM -- Harian Israel Haaretz edisi Jumat (15/6) memperlihatkan foto bersejarah yang diabadikan dari pesawat Zeblin, pesawat militer Jerman di atas Masjidil AlAqsha. Dalam foto itu, tampak bangunan sekolah Afdhaliyah di Alburaq. Tetapi, setelah kependudukan Israel atas Yerussalem pada 1967 silam, bangunan bersejarah itu telah menghilang.

Setelah mewawancarai arkeolog, Haaretz dalam laporannya menyebutkan, sekolah itu dibangun pada abad ke-12 pada masa pemerintahan Sultan Afdhal Nurudin Ali, putera Shalahuddin Al-Ayyubi. “Manuskrip abad ke lima belas menyebutkan, Raja Afdhal membangun sekolah yang berusia lebih dari 800 tahun ini di jantung komplek Maghoribah Alquds."

"Lalu bangunan ini dihilangkan Israel setelah perang Juni 1967, dan menggantinya dengan halaman Tembok Ratapan,” demikian laporan itu seperti dikutip infopalestina.com, Sabtu (16/6).

Raja Afdhal mewakafkannya untuk Maghoribah yang berdekatan dengan Alquds pada 1192 lampau. Kedua bangunan itu kemudian dipakai menjadi tempat tinggal fakir miskin di akhir pemerintahan Utsmani, dan dialihkan menjadi masjid pada masa berikutnya.

“Penggusuran yang dilakukan Israel merupakan kejahatan terhadap arkeologi,” komentar Sejarawan Israel, Paz Kidder saat merespon laporan tersebut.

sumber : Infopalestina.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement