Senin 18 Jun 2012 23:51 WIB

Cucu Le Pen Jadi Anggota Termuda Majlis Rendah Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Cucu perempuan Jean-Marie Le Pen, pendiri Fron Nasional, terpilih menjadi anggota parlemen. Marion Maréchal-Le Pen yan gbaru berusia 22 tahun tersebut akan menjadi anggota termuda Majlis Rendah Prancis.

Marine Le Pen, pemimpin partai ekstrem kanan Fron Nasional yang sekarang, tidak berhasil meraih kursi parlemen. Ia kalah tipis di kota buruh tambang dekat Lille dan mempertimbangkan untuk menuntut penghitungan ulang suara.

Marine adalah puteri Jean-Marie dan tantenya Marion. Sistem pemlihan Prancis sebenarnya mempersulit partai kecil meraih kursi parlemen. Namun demikian, pada pemlihan Ahad kemarin Fron Nasional berhasil merebut empat kursi.

Kali terakhir partai ini masuk parlemen adalah pada pemilu 1997. Yang paling banyak bertambah suaranya adalah Partai Sosialis di bawah pimpinan presiden François Hollande.

Partai ini memperoleh status mayoritas mutlak di Maljis Rendah. Di Majlis Tinggi, partai sosialis sudah berstatus mayoritas. Fraksi partai sosialis menduduki 314 dari 577 kursi parlemen. Mantan istri presiden Hollande, Ségolène Royal, tidak berhasil merebut kursi.

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement