Kamis 21 Jun 2012 05:14 WIB

Jet Tempur Turki Gempur Pangkalan Kurdi

jet-jet turki (ilustrasi)
Foto: wartanews
jet-jet turki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Sejumlah pesawat tempur dan helikopter Turki melancarkan serangan ke sasaran Kurdi di Irak utara, sehari setelah bentrokan di Turki tenggara menewaskan lebih dari 30 prajurit dan militan.

Staf Umum Turki mengatakan di situs beritanya, serangan-serangan itu menghantam sasaran milik "organisasi teror separatis" -- istilah yang digunakan pihak berwenang untuk kelompok militan Partai Buruh Kurdistan (PKK).

Pernyataan itu tidak memberikan penjelasan lebih lanjut namun mengatakan, pesawat-pesawat yang melakukan serangan kembali ke pangkalan mereka dengan selamat.

Sebelumnya, lebih dari 100 gerilyawan PKK melancarkan serangan-serangan fajar serentak terhadap tiga pos militer di provinsi Hakkari dekat perbatasan pegunungan Turki dengan Irak, menewaskan delapan prajurit dan mencederai 19 orang.

Staf Umum Turki mengatakan, pasukan membunuh 26 gerilyawan dalam bentrokan yang terjadi kemudian, yang disebut-sebut sebagai pertempuran paling sengit tahun ini dalam konflik separatis.

Ribuan gerilyawan PKK berpangkalan di kawasan pegunungan di Irak utara, dimana mereka melancarkan serangan-serangan ke sasaran pemerintah di Turki tenggara.

Stasiun-stasiun televisi Turki pada Rabu pagi menyiarkan secara langsung pengangkutan peti jenazah prajurit yang tewas ke dalam pesawat militer untuk dibawa kembali ke kota tempat asal mereka.

Acara itu disaksikan oleh Kepala Staf Umum Necdet Ozel dan Menteri Dalam Negeri Idris Naim Sahin.

Perundingan antara Turki dan PKK untuk mengakhiri kekerasan menemui jalan buntu dan tahun lalu pertempuran berkobar lagi. Puluhan militan, prajurit dan warga sipil tewas. Ratusan orang juga ditangkap atas tuduhan diam-diam mendukung Partai Buruh Kurdistan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement