Jumat 22 Jun 2012 07:13 WIB

Prancis: Spanyol akan Minta Dana Talangan untuk Bank Bermasalah

Euro
Foto: Hend Funds Blogger
Euro

REPUBLIKA.CO.ID, LUXEMBOURG---Spanyol secara resmi akan minta dana talangan (bailout) untuk bank-bank bermasalah dari mitra zona euro pada Jumat, Menteri Keuangan Prancis Pierre Moscovici, mengatakan Kamis.

"Permintaan resmi akan ditujukan kepada kita Jumat," kata Moscovici dalam konferensi pers yang diadakan pada akhir pembicaraan antara para menteri keuangan Eurogroup dari 17 negara berbagi mata uang tunggal.

Sebelumnya, kepala Eurogroup dan Perdana Menteri Luksemburg Jean-Claude Juncker mengatakan, para pejabat dari Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa (ECB) dan Dana Moneter Internasional (IMF) akan menegosiasikan persyaratan pinjaman dengan Madrid segera setelah permintaan masuk.

Pemberi pinjaman internasional ingin melihat reformasi sektor perbankan Spanyol yang tertekan.

Moscovici mengatakan, para pejabat akan membantu zona euro memutuskan apakah akan meneruskan pinjaman melalui dana penyelamatan zona euro yang ada, Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), atau melalui penggantinya yang segera diluncurkan, Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM).

Komisioner Urusan Ekonomi Uni Eropa Olli Rehn mengatakan, ia berharap untuk melihat persiapan bantuan bank Spanyol dikemas pada 9 Juli.

Spanyol Kamis pagi mengumumkan bahwa bank-banknya yang dilanda krisis perlu hingga 62 miliar euro (78 miliar dolar AS) untuk bisa bertahan dari kemerosotan keuangan yang parah, jauh lebih kecil dari perkiraan awal maksimum 100 miliar euro dalam sebuah penawaran penyelamatan zona euro 9 Juni.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement