Senin 25 Jun 2012 17:44 WIB

Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat ke Mursi

Mohammed Mursi
Foto: Reuters
Mohammed Mursi

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO - Sejumlah pemimpin dunia menyampaikan ucapan selamat kepada Mohammed Mursi yang memenangkan pemilihan presiden Mesir untuk menggantikan Presiden Hosni Mubarak.

Presiden Amerika Serikat Barak Obama merupakan pemimpin negara asing pertama menyampaikan ucapan selamat kepada Moursi, demikian media massa setempat melaporkan, Senin (25/6).

Menurut kantor berita Mesir, MENA, selain Obama, sejumlah pemimpin dunia juga telah menyampaikan selamat kepada Moursi seperti Presiden Iran Mahmoud Ahmdinejat, Raja Arab Saudi Abdullah Bin Abdel Aziz, PM Israel Benjamin Netanyahu, Raja Yordania Abdullah II dan Sekretaris PBB Ban Ki-moon.

Sebelumnya, dalam jumpa pers sesaat setelah pengumuman hasil pemilihan presiden oleh Komisi Tinggi Pilpres pada Ahad, Mursi yang dari Ikhwanul Muslimin itu berjanji akan memperkuat hubungan dengan negara sahabat.

Mursi juga menyatakan akan menghormati semua perjanjian internasional antara Mesir dengan negara-negara sahabat.

Pernyataan Mursi itu dianggap penting karena sebelumnya beberapa kalangan mengkhawatirkan bahwa pemimpin baru itu akan meninjau kembali perjanjian internasional termasuk Perjanjian Perdamaian dengan Israel.

PM Israel Benjamin Netaniyahu menyambut baik kemenangan Moursi dan mengharapkan akan terus bekerja sama untuk menjalin hubungan bilateral.

Mesir merupakan negara Arab pertama mengakui kehadiran negara Israel setelah melakukan Perjanjian Perdamaian dengan Israel pada 1979. Perjanjian Camp David di era mendiang Presiden Anwar Saddat itu sebelumnya ditentang keras oleh Ikhwanul Muslimin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement