Jumat 29 Jun 2012 10:34 WIB

Tiga Astronot Cina Kembali Mendarat di Bumi

Rep: Gita Amanda/ Red: Djibril Muhammad
Liu Wang (43 tahun)
Foto: Antara
Liu Wang (43 tahun)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Sebuah kapsul ruang angkasa yang membawa tiga astronot Cina telah mendarat di Bumi. Kapsul tersebut membawa kembali ketiganya dari misi 13 hari, pengaitan pesawat ruang angkasa ke modul orbit.

Ketiga awak pesawat ruang angkasa Shenzhou 9, diterjunkan untuk mendarat di padang rumput luas di sekitar wilayah Mongolia Dalam, Jumat (29/6) pukul 10 pagi waktu setempat. Pihak berwenang Cina menyatakan, ketiganya baru saja usai menjalankan misi pengaitan Shenzou 9 dengan modul Tiangong 1. Ini merupakan langkah besar untuk program ruang angkasa, yang menjadi ambisi Cina.

Para kru termasuk astronot wanita pertama Cina, Liu Yang (33 tahun), bergabung dengan komandan misi dan veteran astronot Jiang Haipeng (45 tahun), serta awak pasangannya Liu Wang (43 tahun). Ketiganya merupakan pilot angkatan udara yang sangat berpengalaman.

Misi ini diluncurkan pada 16 Juni lalu, dari pusat Jiuquan di tepi Gurun Gobi, di utara Cina. Misi ini membawa pesawat ruang angkasa berawak Cina Shenzhou 9 untuk dikaitkan dengan modul Tiangong 1. Ini juga merupakan program luar angkasa berawak Cina yang meluncurkan astronot perempuan pertamanya.

sumber : The Washington Post
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement