Jumat 29 Jun 2012 11:12 WIB

Raja Saudi Kirim Surat Rahasia ke Pasukan Keamanan Kerajaan

Rep: Gita Amanda/ Red: Djibril Muhammad
surat rahasia raja saudi
Foto: abna.ir
surat rahasia raja saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH - Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud mengirim surat perintah berlabel 'top secret' ke kepala pasukan keamanan kerajaan. Surat tersebut berisi perintah, untuk menyiapkan pasukan keamanan pada keadaan siaga tinggi.

Raja Abdullah mengeluarkan sebuah surat berlabel 'top secret' pada ke kepala keamanan dan intelijen Kerajaan, serta pada menteri pertahanan dan interior. Dalam salinan surat tertanggal 27 Juni 2012 tersebut disebutkan, Raja meminta pasukan untuk siaga penuh.

Ia menyerukan pada pasukan untuk bersiap melawan 'serangan asing atau teroris'. Ia juga memperingatkan pasukan keamanan Saudi agar tak lalai dalam mengikuti setiap perintahnya.

Menanggapi surat tersebut, Kementerian Pertahanan Saudi langsung menyiagakan seluruh angkatan bersenjatanya. Kementerian mengatakan semua pasukan di dalam maupun luar kerajaan siap mengambil bagian. Mereka menyebut operasi ini dengan julukan operasi 'al-farouq'.

Dalam beberapa bulan terakhir, berbagai demonstrasi anti-rezim terus berlangsung di Arab Saudi. Bahkan sejak Februari 2011, pengunjuk rasa telah melakukan demonstrasi secara teratur di timur Saudi terutama daerah Qatif dan Awamiyah. Mereka menyerukan pembebasan tahanan politik, kebebasan berekspresi dan mengakhiri diskriminasi yang meluas.

Namun, beberapa bulan terakhir demonstrasi telah berubah menjadi protes terhadap rezim Al-Saud. Hal tersebut terjadi setelah pasukan keamanan menewaskan lima pengunjuk rasa dan melukai puluhan lainnya di Provinsi Timur Arab Saudi.

sumber : Press TV
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement