Ahad 01 Jul 2012 07:40 WIB

Badai Munculkan Keadaan Darurat di AS Timur

Badai Tornado di Amerika Serikat
Badai Tornado di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sekitar 3,9 juta rumah dan perusahaan tanpa listrik, Sabtu (30/6), di tengah rekor gelombang panas di bagian timur Amerika Serikat (AS). Semua terjadi setelah badai mematikan menumbangkan tiang-tiang listrik dari Indiana ke New Jersey.

Keadaan darurat di seluruh negara bagian dinyatakan di Washington DC, Ohio, Virginia dan West Virginia, karena kerusakan akibat badai semalam. Badai itu berupa angin kencang sepanjang bentangan 500-mil. Sedikitnya sembilan orang tewas dalam kejadian itu.

Peramal cuaca memprediksi badai lebih parah berpadu dengan panas pada Sabtu. Memulihkan arus tenaga listrik di beberapa daerah bisa memakan waktu hingga sepekan. Pemakaian listrik di Ohio dan Virginia digambarkan sebagai bencana.

"Ini akan terjadi saat sebelum beberapa orang mendapatkan tenaga listrik, dan dengan panas, itulah perhatian besar kami," kata Bob Spieldenner, seorang juru bicara Manajemen Darurat Departemen Virginia. Lebih dari satu juta pelanggan listrik Virginia tidak memiliki daya dalam pemadaman terburuk tidak terkait dengan badai dalam sejarah negara, katanya.

Enam orang tewas di Virginia dalam badai yang berkaitan dengan insiden. Lembaga negara darurat melaporkan pemadaman dan kerusakan seperti berikut:

- Maryland: sekitar 869.000 pelanggan tanpa tenaga listrik dengan pemadaman dilaporkan di setiap daerah.

- Virginia Barat: Lebih dari 600.000 pelanggan tanpa daya.

- Ohio: Listrik padam di dua pertiga negara, sekitar satu juta rumah dan bisnis tanpa listrik, dan seorang tewas terkait badai dilaporkan. Gubernur John Kasich mengatakan pemulihan tenaga listrik sepenuhnya bisa memakan waktu sepekan.

- New Jersey: Atlantic County mengumumkan keadaan darurat,

dan setidaknya 206.000 pelanggan terputus aliran listriknya. Dua saudara sepupu berusia 2 tahun dan 7 tahun tewas akibat tertimpa pohon tumbang di taman negara.

- Wilayah Kolumbia: 67.000 pelanggan listrik terdampak.

Keadaan darurat diumumkan.

- Pennsylvania: 32.500 rumah dan bisnis tanpa daya.

- Indiana: 135.000 pelanggan kehilangan aliran listrik.

- Kentucky: 187 pelanggan tanpa daya.

- North Carolina: 618 rumah dan bisnis terkena pemadaman listrik.

Badai juga membuat tak berdaya layanan kereta api penumpang Amstrak antara Washington dan Philadelphia, kata Amtrak dalam sebuah pernyataan.

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement