Senin 02 Jul 2012 11:45 WIB

Kubu Pena Nieto Klaim Menangkan Pilpres Meksiko

Rep: Gita Amanda/ Red: Dewi Mardiani
Kandidat partai oposisi Meksiko, Enrique Pena Nieto.
Foto: en.mercopress.com
Kandidat partai oposisi Meksiko, Enrique Pena Nieto.

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO-- Tim kampanye kandidat partai oposisi Meksiko Enrique Pena Nieto mengeklaim, Pena Nieto sebagai presiden baru Meksiko. Klaim tersebut datang setelah jajak pendapat menunjukan kemenangan Pena Nieto dengan selisih yang aman.

Pena Nieto (45 tahun) merupakan calon Presiden Meksiko dari Partai Revolusioner Institusional (PRI). Partai tersebut memimpin 8-11 persen dalam jajak pendapat yang diterbitkan oleh tiga jaringan televisi utama Meksiko.

Tak lama setelah itu, manajer kampanye PRI, Luis Videgaray, menyatakan kemenangan. "Ini adalah kemenangan gemilang," ujar Videgaray, seperti dilansir Aljazeera, Senin (2/7). Ia berharap PRI akan memiliki anggota mayoritas di Senat dan juga majelis rendah Kongres.

PRI yang selama ini telah 71 tahun menguasai perpolitikan Meksiko, telah kalah dengan partai lawannya pada pemilu tahun 2000. Namun dengan hadirnya Pena Nieto, PRI kembali bangkit dan bertarung dalam pemilihan presiden.

Pena Nieto dalam kampanyenya menjanjikan akan membuka monopoli minyak negara Pemex pada investor asing. Ia juga berjanji akan meningkatkan pendapatan pajak dan liberalisasi pasar tenaga kerja.

Jajak pendapat menunjukan, Pena Nieto memenangkan 40 persen suara. Sementara saingannya dari partai kiri Andres Manuel Lopez Obrador berada pada posisi kedua dan Josefina Vazquez Mota dari Partai Aksi Nasional (PAN) pada urutan ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement