Selasa 03 Jul 2012 21:23 WIB

Jelang Pilpres AS, Romney 'Sowan' ke Israel

Mitt Romney
Foto: AP
Mitt Romney

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM  Diam-diam, calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Mitt Romney, akan berkunjung ke Israel. Ajudan Benjamin Netanyahu menyatakan, mantan gubernur Massachusetts ini dijadwalkan menemui perdana menteri Israel dan Palestina dalam dua hari kunjungan.

Pada hari Senin (2/7), New York Times melaporkan bahwa penasihat Senior Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Ron Dermer menegaskan bahwa kandidat presiden Partai Republik akan mengunjungi Israel musim panas ini.

"Romney dijadwalkan bertemu Netanyahu, serta pejabat lainnya, termasuk pemimpin oposisi. Ia juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad," katanya.

Juru bicara kampanye Romney memembenarkan, tapi menolak untuk memberikan tanggal yang tepat.

Berita tentang rencana kunjungan mantan gubernur Massachusetts itu datang setelah banyak media menulis ketidakjelasan kebijakan luar negerinya. Banyak yang menilai kampanyenya lebih berfokus pada perekonomian.

Romney beberapa kali keseleo lidah soal kebijakan luar negerinya. Pada bulan Maret, Romney disebut Rusia sebagai "musuh geopolitik nomor satu" AS. Hal ini mengundang cemoohan banyak pengamat, yang meminta Romney untuk 'dibanbunkan' dari tidur panjang, merujuk bahwa apa yang diungkapkannya adalah kondisi hampir dua dasawarsa lalu.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement