Senin 09 Jul 2012 12:09 WIB

Kabupaten-Kota se ASEAN Sepakat Kerja Sama untuk HIV/AIDS

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Dewi Mardiani
AIDS, ilustrasi
AIDS, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  PHUKET -- Sebanyak 12 perwakilan kabupaten kota dari delapan negara ASEAN menghadiri pertemuan kemitraan tingkat kabupaten/kota untuk ASEAN Getting to Zeroes yang diselenggarakan pada 3 Juli 2012 di Phuket, Thailand. Seperti disampaikan dalam pernyataan pers, pertemuan tersebut termasuk dalam rangkaian pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN (AHMM) ke 11 yang berlangsung pada 2 – 6 Juli 2012.

Pertemuan ini adalah salah satu inisiatif dari ASEAN Task Force on AIDS (ATFOA) dengan Indonesia sebagai negara pelopor tindak lanjut Deklarasi ASEAN untuk Getting to Zero New HIV Infection, Zero AIDS related Discrimination and Zero AIDS related Deaths yang diadopsi pada KTT ASEAN ke 19 di Bali, Indonesia.

Tiga kota di Indonesia berpartisipasi dalam pertemuan ini, yakni Kotamadya Jakarta Barat (DKI Jakarta) yang diwakili Wakil Walikota Jakarta Barat H Sukarno, Kotamadya Denpasar (Bali) yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar Luh Putu Sri Armini dan kabupaten Badung (Bali) yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten I Gede Putra Suteja. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kemal Siregar sebagai Sekretaris KPAN Indonesia.

Sembilan kota lain yang berpartisipasi terdiri dari Battambang (Kamboja), Vientienne (Laos PDR), Melaka (Malaysia), Mawlamyaing (Myanmar), Quezon (Filipina), Bangkok dan Payao (Thailand) dan Can Tho dan Danang (Vietnam). Pertemuan juga dihadiri beberapa perwakilan mitra internasional di tingkat regional, antara lain UNAIDS, WHO, UNDP dan UNICEF.

Indonesia akan memimpin dan memfasilitasi jalannya pertemuan. Sebanyak 12 kota dari delapan negara sepakat merekomendasikan beberapa hal berikut, mendorong kemitraan yang lebih erat di tingkat kota untuk saling bertukar informasi, berbagi pengetahuan atau keahlian dan saling belajar, khususnya terkait penanggulangan AIDS di tingkat kabupaten/kota.

Penekanan juga diberikan terhadap pentingnya upaya peningkatan kapasitas dengan dukungan mitra anggota ASEAN dan mitra internasional dalam rangka mencapai target yang telah dimandatkan dalam Deklarasi ASEAN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement