Selasa 10 Jul 2012 00:01 WIB

AS Kirim Kapal Penyapu Ranjau Baru ke Teluk Persia

REPUBLIKA.CO.ID, Angkatan Laut AS menambah kapal perang lainnya untuk Armada Kelima di Bahrain. Tambahan ini dalam upaya meningkatkan kehadiran militer Amerika di Teluk Persia. Demikian dilaporkan Press TV, Ahad, (8/7).

"Kapal perang The USS Ponce, sebelumnya dijadwalkan melakukan dekomisioning yang dilaporkan tiba di perairan Bahrain pada Kamis," kata juru bicara armada di Manama yang dikutip Reuters.

"Misi utama Ponce ini adalah mendukung operasi penanggulangan ranjau dan misi lain, seperti kemampuan menyediakan logistik dan layanan perbaikan unit lainnya," tambah juru bicara, yang namanya tidak disebutkan dalam laporan tersebut. Ini adalah kapal perang kelima angkatan laut AS yang telah bergabung di pangkalan AS di Bahrain sejak akhir Juni lalu.

Sebelumnya diberitakan, empat kapal perang AS penanggulangan ranjau (MCM) tiba di pangkalan pada 23 Juni yang akan melakukan misi untuk jangka waktu tujuh bulan di daerah operasi, termasuk Teluk Persia, Teluk Oman, Laut Merah dan bagian dari Samudera Hindia.

Washington menimbang alternatif dan pentingnya untuk meningkatkan kehadiran militernya di Timur Tengah, khususnya di Teluk Persia.

Sebuah laporan dari Senat AS menunjukkan, tentara Amerika Serikat kini hampir melampaui jumlah 15 ribu tentara di tiga basis di Kuwait - di mana tiga kali rata-rata jumlah pasukan Amerika di negara Timur Tengah sebelum invasi pimpinan AS ke Irak pada 2003.

Menurut laporan itu, pangkalan militer AS di seluruh wilayah memiliki 'lily pad' model canggih yang memungkinkan penyebaran secara cepat pasukan militer AS. Pasukan Amerika juga ditempatkan di Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement