Rabu 11 Jul 2012 00:47 WIB

Utusan AS Kunjungi Israel dan Tepi Barat

Israel Palestina
Israel Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, William Burns akan melakukan perjalanan ke Israel dan Tepi Barat pekan ini sebagai bagian dari lawatannya ke Timur Tengah. Menurut berita AFP, dia juga dijadwalkan akan singgah di Mesir dan Yaman. Hal itu disampaikan seorang pejabat AS Senin, (9/7).

"Burns akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Perdana Menteri Salam Fayyad selama berada di sana, serta dengan para pejabat senior Israel," kata Juru Bicara Departemen Luar Patrick Ventrell kepada wartawan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton juga akan ke Israel pada 16 dan 17 Juli mendatang. Hillary mengatakan dirinya melakukan pembicaraan dengan Abbas di Paris pada Jumat kemarin, menyambung perundingan perdamaian semua Timur Tengah yang hampir mati.

Warga Palestina mengatakan mereka tidak akan kembali ke perundingan tanpa pembekuan baru Israel atas pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat, wilayah Palestina yang diduduki dan Yerusalem timur.

Mereka juga berusaha membebaskan 123 warga Palestina yang ditahan oleh Israel sejak sebelum kesepakatan otonomi pada 1993. Semantara Abbas mengatakan, Israel sebelumnya setuju untuk melepaskan para tahanan tetapi hingga kini belum memenuhi kewajibannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement