Rabu 11 Jul 2012 08:54 WIB

Annan: Iran Bisa Jadi Solusi Krisis Suriah

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad bertemu Utusan PBB untuk Suriah Kofi Annan
Foto: Hamid Foroutan/AP
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad bertemu Utusan PBB untuk Suriah Kofi Annan

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN- Utusan khusus bersama PBB-Liga Arab Kofi Annan Selasa (11/7) mengatakan bahwa Iran harus menjadi bagian dari solusi krisis Suriah.

Berbicara dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi, Annan mengatakan Iran dapat memainkan peran positif dalam memecahkan krisis Suriah dan harus menjadi bagian dari solusi untuk masalah ini.

Annan menyerukan perundingan antara pemerintah Suriah dan semua kelompok politik dalam negeri serta mendesak semua pihak di Suriah untuk mengakhiri kekerasan.

Salehi, pada bagiannya, meminta negara-negara terkait untuk berhati-hati atas krisis Suriah, dan memperingatkan terhadap konsekuensi berat dari keputusan yang "salah" di Suriah.

Dia mengatakan "Kita tidak boleh membiarkan situasi menjadi lebih buruk, yang tidak akan menguntungkan siapa pun."

Menteri luar negeri Iran mengatakan, rakyat Suriah berhak untuk menikmati hak-hak dasar, seperti pemilu yang bebas, multi partai, kebebasan, demokrasi dan kemerdekaan.

Annan tiba di Teheran pada Senin untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat tinggi Iran mengenai krisis Suriah yang sedang berlangsung.

sumber : Antara-Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement