Ahad 15 Jul 2012 02:35 WIB

Iran Siap Mediasi Konflik Suriah

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.
Foto: AP
Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi mengatakan Republik Islam Iran siap untuk memfasilitasi pembicaraan antara pemerintah Suriah dan oposisi. Bahkan, negeri Mullah tersebut siap menjadi tuan rumah pertemuan antara kedua belah pihak di Teheran.

"Republik Islam Iran siap untuk mengadakan pertemuan dengan oposisi Suriah dan mengundang mereka ke Iran," Ujarnya Ahad, (15/7).

"Kami siap untuk menyediakan tempat dan memfasilitasi dialog antara pemerintah Suriah dan oposisi," katanya lagi. Ia mengatakan, langkah tersebut dilakukan IRan untuk mendukung langkah-langkah yang diusulkan utusan PBB dan Liga-Arab, Kofi Annan.

Pada Maret, Annan mennyajikan proposal konkret untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad. Enam poin rencananya adalah untuk memulai dengan gencatan senjata pada pertengahan April antara pasukan pemerintah dan pemberontak yang berusaha menggulingkan pemerintah Suriah.

Salehi berharap bahwa langkah-langkah positif akan diambil terhadap Suriah untuk menyelesaikan krisis melalui kerja sama antara Iran, PBB dan beberapa negara regional.

sumber : IslamTimes
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement