Selasa 17 Jul 2012 07:11 WIB

Pinjam Dana ke Indonesia, IMF Lepas Dana Segar untuk Portugal

Dana Moneter Internasional (IMF)
Foto: www.topnews.in
Dana Moneter Internasional (IMF)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dana Moneter Internasional, Senin mengatakan, telah melepaskan dana segar sebesar 1,48 miliar euro (1,82 miliar dolar AS) kepada Portugal yang bermasalah setelah Lisbon melewati sebuah tinjauan kinerja berdasarkan program pinjaman talangan.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan, Lisbon berada di jalur untuk mempersempit defisit fiskalnya di bawah langkah-langkah penghematan sulit yang disyaratkan dalam program penyelamatan bersama IMF-Uni Eropa sebesar 78 miliar euro yang diluncurkan pada Mei 2011.

"Pemerintah menerapkan program dengan kuat, meskipun lingkungan kawasan euro sulit, patut dihargai dan ada tanda-tanda baik penyesuaian dalam transaksi fiskal dan eksternal," kata wakil direktur Dana Moneter Internasional Nemat Shafik.

"Konsolidasi fiskal berada di jalur. Sasaran fiskal akhir 2012 tetap dalam jangkauan, meskipun risiko terhadap pencapaiannya telah meningkat karena kinerja pendapatan yang lebih lemah," katanya dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah pencairan tahap kelima dari dana tiga tahun di bawah IMF sebesar 29,3 miliar euro, bagian dari program bersama.

IMF mengatakan, Lisbon perlu terus menekan untuk memperkuat pengumpulan pajak dan reformasi pasar tenaga kerja untuk mengatasi kenaikan tajam dalam pengangguran.

Sebelumnya, IMF meminjam dana ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. IMF mengajukan pinjaman sebasar 1 miliar dolar AS kepada Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement