Selasa 17 Jul 2012 09:05 WIB

Wartawan Irak Ditemukan Tewas di Suriah

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Salah satu sudut Kota Damaskus, Suriah.
Foto: onthegotours.com
Salah satu sudut Kota Damaskus, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS-- Mayat dua wartawan Irak ditemukan tewas ditembak di Damaskus. Keduanya telah diserahkan ke Irak melalui pos perbatasan Irak dengan Suriah.

Komandan Irak di pos perbatasan Kolonel Abdelbasit al-Hilo mengatakan, dua wartawan Irak yakni Ali al-Juburi Kaabi dan Falah Taha ditemukan tewas di daerah Jaramana, Suriah. Ditubuh keduanya ditemukan bekas tikaman pisau dan peluru tajam.

"Intelijen Suriah dan polisi menyerahkan mereka, dengan laporan medis dari rumah sakit al-Waleed di pos perbatasan. Keduanya dibunuh pada Sabtu (14/7) lalu, " ujar Hilo.

Pos Perbatasan al-Waleed terletak di tepi selatan perbatasan Irak dengan Suriah. Al-Waleed disebut sebagai Tenef di sisi Suriah.

Hilo mengatakan, kedua wartawan membawa dokumen identifikasi dari Serikat Wartawan Irak. Tapi tak jelas untuk siapa mereka bekerja. Ia menambahkan, Kementerian Dalam Negeri Irak telah diberitahu mengenai insiden ini. Kedua keluarga korban juga telah dihubungi, dan berencana membawa pulang jenazah.

Seorang pejabat keamanan menegaskan hal tersebut, bahwa petugas pos perbatasan telah menerima dua mayat orang Irak. Menurut petugas kedua korban diidentifikasi sebagai wartawan Irak

sumber : al-arabiya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement