Rabu 18 Jul 2012 08:48 WIB

Sekjen PBB Desak Rusia Tekan Bashar

Ban Ki Moon
Foto: Wahyu Putro/Antara
Ban Ki Moon

REPUBLIKA.CO.ID, PBB - Sekjen PBB Ban Ki-moon mendesak Rusia untuk meningkatkan tekanan terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad. Permintaan itu dilontarkan Ban selama pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, demikian kata juru bicara PBB seperti dikutip AFP, Rabu (18/7). 

"Ban meminta Rusia untuk menggunakan pengaruhnya guna memastikan penuh dan segera pelaksanaan rencana perdamaian utusan PBB-Liga Arab Kofi Annan," kata juru bicara PBB Martin Nesirky.

Rusia --yang didukung China, menentang usulan Barat untuk mengenakan -sanksi terhadap Bashar-- dan Ban berbicara dengan Lavrov Senin malam waktu AS melalui telepon, sehari setelah percakapan yang sama dengan Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi. Ban dan Lavrov membahas situasi di Suriah dan kemendesakan untuk menghentikan kekerasan di Suriah, kata Nesirky.

Annan berada di Moskow Rabu ini untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. "Ban menekankan pentingnya pembahasan ini, mengingat meningkat dan mengkhawatirkannya situasi di Suriah," tambah juru bicara itu.

Rabu ini Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pemungutan suara untuk memilih resolusi yang akan mengancam sanksi terhadap Bashar jika ia tidak menarik kembali senjata beratnya dari kota-kota Suriah. Rusia telah berjanji untuk menghadang resolusi itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement