Jumat 20 Jul 2012 12:48 WIB

Hasil Polling, Publik Prancis tak Sukai Israel

Rep: Gita Amanda/ Red: Dewi Mardiani
Video Tentara Israel melakukan tindakan kekerasan kepada seorang anak Palestina.
Video Tentara Israel melakukan tindakan kekerasan kepada seorang anak Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Sebuah jajak pendapat terbaru memperlihatkan, sebagian besar publik Prancis menunjukkan sikap tak ramah pada rezim Zionis. Padahal Prancis tengah menunjukkan sikap persahabatan yang tinggi pada negara-negara lain yang bertetangga dengannya.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Institut Ifop diselenggarakan pada 1 Maret 2012 lalu dan dilansir Press TV. Mereka melibatkan 1.005 orang dewasa yang berada di Prancis untuk ikut ambil bagian dalam jajak pendapat.

Para responden diminta menjawab satu dari negara yang mereka merasa sangat bersahabat dan membuat mereka mau beramah tamah. Negara-negara yang dapat mereka pilih diantaranya, Spanyol, Jerman, Italia, Belgia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Austria, Turki dan Israel.

Hasil jajak pendapat diumumkan pada 11 Juli 2012 lalu. Penelitian menunjukkan, sebanyak 25 persen responden menempatkan Spanyol sebagai negara favorit mereka. Sementara Israel berada di urutan terakhir, dengan perolehan satu persen suara.

Temuan membuktikan, publik Prancis merasa paling ramah terhadap Spanyol, Jerman, Italia dan Belgia. Sebaliknya, mereka menunjukan perasaan paling tak bersahabat dengan Israel dan Turki.

Para pengamat mengatakan, sikap negatif terhadap Israel dan Turki oleh publik Prancis mungkin dipicu latar belakang sejarah. Mereka mencontohkan, masalah Yahudi dan kebijakan ekspansi Israel, serta masalah identitas agama orang-orang di Turki. Ini membuat banyak publik Prancis tak menyukai kedua negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement