Kamis 26 Jul 2012 06:52 WIB

Sst, Pemimpin Korut Sudah Menikah, dengan Siapa?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dan seorang wanita yang diidentifikasi sebagai isterinya Ri Sol-Ju.
Foto: reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dan seorang wanita yang diidentifikasi sebagai isterinya Ri Sol-Ju.

REPUBLIKA.CO.ID, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un telah menikah, media resmi menegaskan, mengakhiri spekulasi selama berminggu-minggu tentang identitas seorang wanita muda yang terlihat mendampinginya pada event-event resmi.

Kim naik menjadi pemimpin Korea Utara ketika ayahnya Kim Jong-Il meninggal dunia Desember lalu, tapi kehidupan pribadinya tidak pernah diungkapkan ke publik.

Televisi pemerintah melaporkan, Kim menghadiri upacara pembukaan sebuah taman hiburan di Pyongyang pada hari Rabu bersama istrinya.

"Marsekal Kim Jong-Un menghadiri upacara pembukaan Taman Hiburan Nungra bersama istrinya, Komrad Ri Sol-Ju," demikian dikatakan. Tidak ada keterangan berapa lama mereka sudah menikah.

Wanita berambut pendek itu pertama tampil bersama Kim di sebuah konser di Pyongyang pada tanggal 6 Juli. Ia terlihat berjalan di sisi Pemimpin Korea Utara itu pada tanggal 8 Juli ketika mengunjungi mausoleum kakeknya, pendiri Korea Utara, Kim Il-Sung.

Pada tanggal 15 Juli, televisi pemerintah menayangkan foto-foto yang menunjukkan Ri Sol-Ju berdiri dekat dengan Kim pada kunjungan di sebuah TK. "Tidak biasanya Korea Utara menampilkan pemimpinnya bersama istri di depan publik," kata Yang Moo-Jin dari Pusat Kajian Korea Utara Universitas Seoul.

"Ini menunjukkan kampanye rezim Korea Utara untuk menciptakan citra baru pemimpinnya," katanya kepada kantor berita AFP.

sumber : radioaustralia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement