Kamis 26 Jul 2012 09:55 WIB

Dubes Iran: Israel Dalang Pemboman Bus Bulgaria

Kondisi bus yang membawa turis Israel pascaledakan di luar Bandara Black Sea, Burgas, Bulgaria.
Foto: REUTERS
Kondisi bus yang membawa turis Israel pascaledakan di luar Bandara Black Sea, Burgas, Bulgaria.

REPUBLIKA.CO.ID, PBB - Utusan Iran di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada Rabu menuduh Israel melancarkan serangan bom bunuh diri pada satu bus wisata bangsanya sendiri di Bulgaria.

Duta besar Mohammad Khazaee mengatakan, Israel melancarkan serangan, yang menyebabkan lima warganya dan sopir Bulgaria mereka tewas, sebagai bagian dari kampanye "operasi terorisme negara dan pembunuhan yang bertujuan untuk melibatkan orang lain demi keuntungan politik sempit."

Komentar-komentar dalam debat Dewan Keamanan PBB tentang Timur Tengah itu membuat marah para pejabat Israel, yang menuduh Iran dan sekutu milisi Lebanon mereka Hizbullah sebagai pelaku serangan 18 Juli dekat bandara Burgas itu.

Khazaee mengatakan, "wakil rezim kriminal Zionis melontarkan tuduhan-tuduhan tak berdasar terhadap negara saya" atas serangan di Bulgaria itu. Iran tidak akan pernah mengambil bagian dalam upaya "tercela pada kehidupan orang-orang yang tidak bersalah" seperti itu, tambahnya.

"Operasi teroris seperti itu hanya bisa direncanakan dan dilakukan oleh rezim sama yang sejarah singkatnya penuh dengan operasi terorisme negara dan pembunuhan-pembunuhan yang bertujuan melibatkan orang lain untuk keuntungan politik sempit," jata Khazaee.

Dubes itu mengatakan ada "banyak contoh" Israel membunuh "orang-orang Yahudi yang tidak bersalah" dan tuduhan-tuduhan baru itu juga melibatkan Israel berada di balik pembunuhan ilmuwan nuklir Iran terakhir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement