Sabtu 28 Jul 2012 07:13 WIB

Didorong Stimulus Eropa, Harga Minyak Terus Naik

Harga minyak dunia melonjak (ilustrasi)
Harga minyak dunia melonjak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK---Harga minyak berakhir lebih tinggi pada Jumat (Sabtu pagi WIB), didorong komentar menggembirakan para pemimpin Eropa yang mengisyaratkan berbagai upaya untuk mengatasi krisis utang zona euro.

Pemimpin Jerman dan Prancis, dua perekonomian terbesar di Eropa, berjanji untuk mempertahankan mata uang blok 17-negara yang sedang sakit.

Dalam pernyataan bersama, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande berjanji untuk melakukan "segala sesuatu guna melindungi zona euro."

Pertunjukan kekuatan mereka membantu mempertahankan momentum di pasar sehari setelah Gubernur Bank Sentral Eropa Mario Draghi berjanji untuk melakukan "apa saja" guna menyelamatkan euro yang memicu "rally" saham global.

"Harapan meningkat bahwa mereka (para pemimpin Eropa) akan mengambil langkah-langkah untuk memecahkan krisis," kata Phil Flynn dari Price Futures Group.

Bank Sentral Eropa (ECB), yang berada di bawah tekanan untuk memperlonggar kebijakan moneter, menggelar pertemuan kebijakan pada Kamis.

"Apa pun yang baik untuk Eropa pasti baik untuk pasar minyak," karena meningkatkan permintaan, Flynn mengatakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement