Sabtu 28 Jul 2012 10:22 WIB

Kanada: Awas! Ada Risiko Serius Santap Kerang Mentah

Kerang
Foto: alibaba.com
Kerang

REPUBLIKA.CO.ID, VANCOUVER -- Pusat Pengendalian Penyakit British Columbia (BCCDC) di Kanada barat mengingatkan masyarakat mengenai risiko penyakit yang berkaitan dengan memakan kerang mentah atau setengah matang. BCCDC menyatakan pekan ini kerang seperti tiram, clam, scallop, remis, dan cockle bisa menumpuk bakteri, virus, racun dan zat kotor lain yang ada di air.

Lembaga tersebut menyarankan masyarakat hanya mengonsumsi kerang yang dimasak. Waktu untuk memasak pun dipastikan harus yang memadai sebab memasak bisa memusnahkan virus dan bakteri serta menurunkan risiko penyakit pencernaan.

Masyarakat juga disarankan membeli kerang hanya dari sumber yang memiliki izin dan menghindari lintas-kontaminasi ketika menangani makanan laut yang mentah dan sudah dimasak juga termasuk di dalam saran keamanan, demikian laporan Xinhua.

BCCDC mendesak setiap orang yang terserang diare dan muntah setelah memakan kerang mesti melaporkan penyakit yang dideritanya ke kantor kesehatan masyarakat setempat atau pemberi pengobatan awal serta pergi ke dokter jika gejala yang dideritanya berlanjut atau bertambah parah.

Lima kasus infeksi Vibrio parahaemolyticus, yang menyerang secara lokal dan berkaitan dengan kerang mentah, telah dilaporkan tahun ini. Sementara 42 kasus Vibrio dilaporkan pada 2011, kata lembaga tersebut.

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement